Junk Mail

Jumat siang, send email to abcd@efgh.com. Send/receive process.
Cek folder sent item, belum ada. Masi nyangkut di outbox ternyata.
Send/receive ulang.
Buka browser, googling, ym. Cek outlook lagi, loh kok emailnya masi di folder outbox? Send receive ulang deh. 1 menit, 2 menit, 10 menit, masi progress juga. Kok ngga kekirim2 ya? Tinggal dulu deh, lagi lemot kali nih lepi-nya.

Cek gmail. 1 unread. Buka. Dari si bapak abcd@efgh. Wah responsif sekali. Idung mulai mengembang tanda kegirangan. Gue baca emailnya perlahan-lahan.
Line 1 : "Ibu Dwi, saya akan pelajari proposalnya ". Wah, naga-naganya bakal bagus nih.
Line 2 : "Tolong jangan kirim email ini terus menerus ya. Sudah 10x ibu kirim ke saya. Email saya jadi penuh".
Gue : ??????

Cek outlook. Lah ini emailnya masi di outbox, kok gue udah dapet balesannya di gmail? Send receive lagi deh. Sambil me-reply di Gmail : Dear Bapak abcd, mohon maaf atas ketidaknyamanannya. Terimakasih untuk perhatian dan jawaban Bapak. Namun sepengetahuan saya, baru kali ini saya mengirimkan proposal kepada Bapak. Blablabla blehblehbleh.

Telepon bunyi. Gue diemin. Masi terus ngetik email.
"Wi, ni buat lo.." kata si NonaKarin temen sebangku gue dikantor (dikata sekolaa kalee..) sambil bermimik muka takjub.
Gue : Halo selamat siang...
Doi : "Halo Mba, tolong jangan kirim email terus ya". Ternyata si Bapak yg tadi kirim email ke gue.
Doi : Ini sudah hampir 20kali. Komputer saya jadi hang. Ini lagi minta bantuan tim IT.

Gue : Loh, maaf Pak...
langsung dipotong Doi : Sudah ya. Blablala.. blehblehbleh.
Murka sekali rupanya Bapak ini. Dan gue masi bengong-bengong innocent, gatau apa yg sebenarnya terjadi. Basic sebagai customer service membuat gue tetap tenang meskipun abis dicaci maki. Deuuuu. Ahiak.

Sambil terus inhale exhale, flashback2 memori... Kayaknya kemaren juga ada notif bouncing mail sampe 5x deh, padahal gue ngirimnya cuma sekali. Trus ada juga Ibu2 dari salah satu embassy yang misuh2 via email. Katanya gue disuruh berhenti kirim email ke dia. And yes, ini kali pertama gue ngirim offering mail buat doi. Kok disuruh berhenti? Doi alergi proposal kali yee. Weird. Cek2 diri sendiri. Rasanya gue masi punya manner buat ngga nge-junk-in inbox orang. Ato berubah jadi spammer yang repeating email sejuta kali supaya orang beli jualan gue, macam penjual obat2 kuat yg suka nyampah di yahoomail. Pheww.. Somethings wrong here. Is it the server? or is it my bloody little netbook?

Setelah discuss virtual panjang lebar dengan IT Development kantor gue yg handal punya, ketemu juga biang keladinya. Bukan server. Dan bukan juga netbook. Bukan sulap. Bukan sihir. Bimsalabim jadi apa prok prok prok (loh?). Jadi ternyata eh ternyata yang membuat outlook gue mengirim begitu banyak email ke recipient which is calon my valuable clients adalah... VIPRE (baca: vaiper). Ada yang tahu apa itu VIPRE? Ga tau? Ga tau? Ah, payah. Ato ga perlu susah2 deh. Kalo kamu gatau VIPRE, pasti kamu tau GOOGLE kan? Iya kan iya donk, betul kan betul donk? Ya gausah cape2 sih, googling aja juga pasti ketemu. Kamu gatau GOOGLE? Ah, cupu! Yaudah ni gue kasitau. VIPRE adalah anti virus. Banyak yang bilang sih doi adalah antivirus terhandal di 2011 ini. Ada juga ulasannya di beberapa majalah tentang si VIPRE ini. Boleh cari infonya sendiri deh di lapak majalah dan koran terdekat.

Anyway, kenapa juga nyalahin si vipre ini? Karena eh karena kalo kamu belum tau, ada beberapa antivirus yang punya fitur filter email didalamnya. Salah satunya si vipre ini. Filter ini emang bagus sih, mencegah adanya malware di email kita. Tapi ngga tau kenapa, di lepi gue jadinya malah ngirim email berulang2 ke penerima email gue. Dan sodara2, hal ini sangat merugikan gue yg kerjaannya jualan. Gambarannya, kalo satu email aja berisi attachment seberat 2mb, lalu ke-repeat sampe 5x, 10mb deh nongkrong di inbox penerima. Mending isinya menang undian, wong isinya orang jualan. *eh. Bakalan nyusahin banget itu email, apalagi buat yg masi pake processor 256mb (masi ada ga ya?) bisa menimbulkan lumpuh sementara di komputer alias hang. Obatnya mungkin terpaksa memijit ctrl+alt+del. Alhasil gue jadi dicap sebagai junker, spammer, dan tukang jualan yg ndak bermanner sama si penerima multiple email tsb. Jualannya bisa ngga ditengok, padahal lagi dikejar target (curcol). Pokoknya si filter email bloody vipre ini jadi merugikan gue si tukang jualan baik hati dan rajin membaca ini deh.

Si vipre ini juga sempet bikin cpu process gue jadi 100% terus. Padahal gue cuma mantengin wallpaper doank, ngga ngerjain apa2. Alhasil jadi lemot bin saibun banget ni lepi gue. Ngga bisa dipake kerja, online, apalagi main game. Setelah dikutak katik sama sang dewa penolong, Mba IT yg handal itu, baru deh si lepi berangsur2 pulih.

Haduh, btw masih merasa ngga enak nih sama si Bapak abcd. Maaf ya pak, saya ngga bermaksud nyusahin atau nyampahin email Bapak. Sumvah ana zuzur. Kalo bapak ngga percaya, boleh cek ke sini. Ini semua karena system pak, system. Bukan karena saya maksa Bapak untuk beli dagangan saya (berasa si Bpk. abcd itu bakal baca ini, haha). Btw, kalo mo tau saya dagang apa, sila cek kesini (teteup jualaan).

Vipre vipre... Baik2 ya kamu. Ga boleh jadi anak nakal lagi.

Comments

Popular Posts